Mar, 31 / Sertifikasi

KLAUSUL 9 : INTEGRASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DAN K3 BERDASARKAN ISO 9001:2015 & ISO 45001:2018

KLAUSUL 9 : INTEGRASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DAN K3 BERDASARKAN ISO 9001:2015 & ISO 45001:2018

9 Evaluasi kinerja

9.1 Pemantauan, pengukuran, analisis, dan evaluasi

9.2 Audit internal

9.3 Peninjauan manajemen

 

9.1 Pemantauan dan lainnya

9.1.1 Umum

Organisasi harus menentukan :

Apa yang perlu untuk dipantau dan diukur

  • Metode untuk pemantauan , pengukuran , analisis , dan evaluasi yang diperlukan untuk menjamin hasil yang valid.
  • Kapan pemantauan dan pengukuran harusnya dilakukan
  • Kapan output dari pemantauan dan pengukuran harusnya dianalisis dan dievaluasi

Organisasi harus mengevaluasi kinerja dan efektifitas dari sistem manajemen mutu.

Organisasi harus menyimpan informasi terdokumentasi yang tepat sebagai bukti dari berbagai hasil.

9.1.2 Kepuasan konsumen

Organisasi harus memantau persepsi konsumen mengenai sejauh mana kebutuhan dan harapan mereka telah terpenuhi

Organisasi harus menentukan metode untuk mendapatkan, memantau, dan meninjau informasi tersebut

Organisasi harus :

  • Menentukan frekuensi evaluasi pemenuhan
  • Mengevaluasi pemenuhan dan ambil tindakan jika diperlukan
  • Menjaga pengetahuan dan memahami status pemenuhannya

9.1.2 Evaluasi Pemenuhan Kepatuhan

Organisasi harus menetapkan mengimplementasikan dan memelihara proses yang diperlukan untuk mengevaluasi pemenuhan dari kepatuhan kewajibannya.

Organisasi harus :

  • Menentukan frekuensi pemenuhan akan dievaluasi
  • Evaluasi pemenuhan dan mengambil tindakan bila diperlukan
  • Memelihara pengetahuan dan pemahaman dari status pemenuhannya

Organisasi harus menyimpan informasi terdokumentasi sebagai bukti dari pemenuhan hasil evaluasi.

9.1.3 Analisis dan evaluasi

Organisasi harus melakukan analisis dan evaluasi terhadap data dan informasi yang tepat yang dihasilkan dari pemantauan dan pengukuran

Hasil dari analisis harus digunakan untuk mengevaluasi

  • Kesesuaian dari produk dan pelayanan
  • Tingkatan dari kepuasan konsumen
  • Kinerja dan efektifitas dari SMM
  • Apakah perencanaan dijalankan secara efektif
  • Efektifitas dari tindakan yang dilakukan terkait dengan risiko dan peluang
  • Kinerja dari penyedia eksternal
  • Kebutuhan untuk perbaikan dari SMM

9.2 Audit internal

9.2.1

Organisasi harus melakukan audit internal pada interval yang terencana untuk menyediakan informasi mengenai apakah SMM/K3 :

  • Sesuai dengan :
  • Persyaratan dari organisasi sendiri untuk SMM/K3 nya
  • Persyaratan dari ISO.
  • Telah secara efektif dijalankan dan dijaga

9.2.2

Organisasi harus :

  • Merencanakan, menetapkan, melaksanakan, dan menjaga program audit yang mencakup frekuensi, metode, penanggung jawab, persyaratan perencanaan dan pelaporan , yang harus mempertimbangkan kepentingan dari proses, perubahan yang berdampak pada organisasi, dan hasil dari audit sebelumnya
  • Menentukan kriteria dan lingkup dari tiap audit.
  • Memilih auditor dan melakukan audit untuk menjamin obyektivitas dan ketidak berpihakan dari proses audit.
  • Memastikan hasil dari audit dilaporkan pada manajemen yang relevan
  • Melakukan tindakan koreksi dan korektif yang sesuai tanpa penundaan yang tidak perlu
  • Menyimpan informasi terdokumentasi

9.3 Tinjauan manajemen

9.3.1 Umum

Manajemen puncak harus meninjau sistem manajemen mutu dari organisasi, pada interval yang terencana, untuk memastikan keberlanjutan dari kesesuaian, kecukupan, efektifitas, dan keselarasan dengan arahan strategis dari organisasi.

9.3.2 Input

Peninjauan manajemen harus direncanakan dan dilaksanakan dengan memperhatikan

  • Tindak lanjut dari berbagai tinjauan manajemen sebelumnya
  • Berbagai perubahan yang bisa berdampak terhadap sistem manajemen mutu K3, termasuk :
  • Kebutuhan dan harapan pihak yang berkepentingan
  • Persyaratan hukum dan persyaratan lainnya
  • Risiko dan peluang
  • Efektivitas sejauh mana sasaran mutu K 3 tercapai.
  • Kinerja proses kesesuaian sistem mgt mutu K 3 termasuk:
  • Kepuasan pelanggan dan komunikasi relevan dari pihak berkepentingan termasuk keluhan
  • Kinerja proses dan kesesuaian produk dan pelayanan,
  • Insiden , ketidaksesuaian, tindakan korektif, dan tindakan berkelanjutan
  • Hasil pemantauan dan pengukuran,
  • Hasil audit,
  • Hasil evaluasi pemenuhan kepatuhan
  • Konsultasi dan partisipasi pekerja
  • Kinerja penyedia eksternal.
  • Berbagai kebutuhan terhadap sumber daya,
  • Efektivitas tindakan terkait risiko dan peluang
  • Peluang perbaikan.

9.3.3 Output

Output dari peninjauan manajemen harus mencakup keputusan dan tindakan terkait :

  • Peluang untuk perbaikan
  • Berbagai kebutuhan untuk perubahan dari SMM/K3.
  • Kebutuhan sumber daya

Organisasi harus menyimpan informasi terdokumentasi sebagai bukti dari hasil peninjauan manajemen.

 

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi & sertifikasi.. Golden Consulting