7 Dukungan
7.1 Sumber daya
7.2 Kompetensi
7.3 Kesadaran
7.4 Komunikasi
7.5 Informasi terdokumentasi
7.1 Sumber daya
7.1.1 Umum
Organisasi harus menetapkan dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk penetapan , penerapan , penjagaan , dan perbaikan
kontinual dari SMM/K3.
Organisasi harus mempertimbangkan :
- Kapabilitas dari, dan batasan pada, sumber daya internal yang ada
- Apa yang perlu diperoleh dari penyedia eksternal.
7.1.2 Sumber daya manusia
Organisasi harus menetapkan dan menyediakan personil yang diperlukan untuk :
- Penerapan yang efektif dari SMM.
- Pengoperasian dan pengendalian dari berbagai proses.
7.1.3 Infrastruktur
Organisasi harus menentukan, menyediakan, dan merawat infrastruktur yang diperlukan untuk pengoperasian dari proses dan untuk mencapai kesesuaian dari produk dan pelayanan.
Catatan:
Infrastruktur bisa mencakup: bangunan dan pelengkapnya, peralatan, sumber daya transportasi, teknologi informasi dan komunikasi.
7.1.4 Lingkungan dari pengoperasian proses
Organisasi harus menetapkan, menyediakan, dan menjaga lingkungan yang diperlukan untuk pengoperasian dari proses dan untuk mencapai
kesesuaian dari produk dan pelayanan.
Catatan:
Lingkungan bisa mencakup faktor manusia dan fisikal, misalnya: sosial, psikologikal, dan fisikal.
7.1.5 Pemantauan dan pengukuran
7.1.5.1 Umum
Organisasi harus menetapkan dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan hasil yang valid dan bisa dipercaya bila
pemantauan atau pengukuran digunakan untuk memverifikasi kesesuaian produk dan pelayanan terhadap persyaratan.
Organisasi harus memastikan sumber daya yang disediakan :
- Sesuai dengan jenis dari aktivitas pemantauan dan pengukuran yang akan dilakukan.
- Dijaga untuk memastikan kesesuaian penggunaannya.
Organisasi harus menyimpan informasi terdokumentasi sebagai bukti dari kesesuaian penggunaan
7.1.5.2 Ketertelusuran pengukuran
Bila ketertelusuran disyaratkan, atau dianggap penting, peralatan pengukuran harus :
- Dikalibrasi atau diverifikasi, atau keduanya.
- Diidentifikasi untuk menetapkan statusnya.
- Dijaga dari penyesuaian yang tidak tepat, kerusakan atau deteriorasi.
7.1.6 Pengetahuan organisasi
Organisasi harus menetapkan pengetahuan yang diperlukan untuk pengoperasian dari prosesnya dan untuk mencapai kesesuaian dari produk dan pelayanan
Pengetahuan ini harus dijaga dan disediakan sejauh yang diperlukan.
Saat ada perubahan kebutuhan dan tren , organisasi harus memperhatikan pengetahuan yang ada dan menentukan cara untuk mendapatkan atau mengakses pengetahuan tambahan yang diperlukan dan pemutakhirannya.
7.2 Kompetensi
Organisasi harus :
- Menentukan kompetensi yang diperlukan dari personilnya dengan pekerjaan yang berpengaruh pada kinerja dan efektifitas dari SMM/K3.
- Memastikan personil kompeten dari pendidikan , pelatihan , atau pengalaman
- Bila mungkin , mengambil tindakan untuk mencapai kompetensi, dan mengevaluasi efektifitas dari tindakan tersebut
- Menyimpan informasi terdokumentasi sebagai bukti dari kompetensi.
7.3 Kesadaran
Organisasi harus memastikan personilnya memiliki kesadaran mengenai :
- Kebijakan mutu/K3
- Sasaran mutu /K3 yang relevan
- Kontribusinya terhadap efektfitas dari SMM/K3, termasuk manfaat dari kinerja yang membaik
- Implikasi dari ketidak sesuaian dengan persyaratan ISO.
7.4 Komunikasi
Organisasi harus menentukan komunikasi internal dan eksternal yang relevan dengan SMM/K3, termasuk :
- Hal apa yang akan dikomunikasikan
- Kapan dikomunikasikan
- Dengan siapa dikomunikasikan
- Bagaimana mengkomunikasikannya
- Siapa yang berkomunikasi.
7.4.2 Komunikasi Internal
- Mengkomunikasikan informasi yang relevan dengan sistem manajemen lingkungan secara internal antar level dan fungsi organisasi , termasuk perubahan terhadap sistem manajemen lingkungannya , yang sesuai;
- Memastikan proses komunikasinya memungkinkan personil yang melakukan pekerjaan di bawah kendali organisasi , berkontribusi terhadap peningkatan berkelanjutan
7.4.3 Komunikasi Eksternal
Organisasi harus mengkomunikasikan informasi yang relevan untuk sistem manajemen lingkungan, sebagaimana yang ditetapkan oleh proses komunikasi organisasi dan sebagaimana yang dipersyaratkan oleh pemenuhan kewajibannya.
7.5 Informasi terdokumentasi
7.5.1 Umum
SMM/K3 dari organisasi harus mencakup :
- Informasi terdokumentasi yang dipersyaratkan oleh ISO.
- Informasi terdokumentasi yang ditentukan diperlukan oleh organisasi untuk efektifitas dari SMM/K3.
7.5.2 Pembuatan dan pemutakhiran
Saat membuat dan memutakhirkan informasi terdokumentasi, organisasi harus memastikan ketepatan :
- Identifikasi dan deskripsi contoh : judul , tanggal
- Format dan media.
- Peninjauan dan persetujuan untuk kesesuaian dan kecukupannya
7.5.3 Pengendalian
7.5.3.1
Informasi terdokumentasi harus dikendalikan untuk menjamin :
- Tersedia dan sesuai untuk digunakan, ditempat dan disaat diperlukan.
- Dilindungi secara memadai (contoh: dari sifat kerahasiaan, penggunaan yang tidak tepat).
7.5.3.2
Organisasi harus memperhatikan aktivitas berikut, sesuai keperluan :
Distribusi, akses, pencarian kembali, dan penggunaan
- Penyimpanan dan penjagaan
- Pengendalian perubahan
- Masa simpan dan disposisi.
Informasi terdokumentasi dari eksternal yang dinyatakan diperlukan harus diidentifikasi dan dikendalikan
Informasi terdokumentasi yang disimpan sebagai bukti dari kesesuaian harus dijaga dari penggunaan yang tidak diinginkan.
Hubungi kami sekarang untuk konsultasi & sertifikasi.. Golden Consulting